Pil Koplo Picu Kelumpuhan dan Hilang Ingatan !


Informasi terbaru Pil Koplo Picu Kelumpuhan dan Hilang Ingatan !

Tren mabuk koplo ABG Madiun, menyulut keprihatinan. Sejumlah pengamat, justru mengklaim, pil koplo lebih berbahaya dari pada narkotika. Alasannya, pil koplo relatif ekonomis dan bisa dijangkau kalangan bawah.

Alasan lain, cara mendapatkannya juga relative lebih mudah. Muski, di balik tangan alias sembunyi-sembunyi. Tapi dampak yang ditimbulkan bisa ketagihan, mengakibatkan kelumpuhan. Lebih sahsyat lagi bisa berdampak hilang ingatan alias gila.

”Pada kadar lebih ringan, telernya pil koplo itu tanpa efek bau. Jadi kalau ABG itu teler minum pil koplo, tidak begitu kentara karena tidak berbau. Berbeda dengan arak atau miras,” ujar Kasat Narkoba Polres Madiun AKP Dasuki.

Data yang diperoleh dari pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba di Polres Madiun, diketahui, tersangka rata-rata mendapatkan pil koplo dengan mudah. Harganya relative terjangkau.

Lebih memprihatinkan, karena segmen pasar yang dibidik pengedar adalah ABG usia sekolah menengah. Baik SMP maupun SMA.

Untuk jenis pil koplo yang popular dengan sebutan dobel L, satu butir hanya dihargai Rp 2 ribu.Satu paket isi 10 butir dihargai Rp 20 ribu. Data pengungkapan kasus, pengedar kemudian menjual pil koplo jenis ini ke konsumen Rp 30 ribu.

Dr. Jayadi, pemerhati kesehatan masyarakat mengatakan, pil koplo yang popular di kalangan pengguna sebagai pil doble L itu di dunia medis berlebel lexotan. “Tablet ini masuk dalam daftar obat penenang non generik. Artinya untuk mendapatkannya harus dengan resep dokter,” ujarnya.

Reaksi obat, lanjut dia, berefek pada saraf otak dan motgorik.”Yang membayakan jika obat itu dikomsumsi tanpa aturan, over dosis, tentu saja merusak saraf. Jika terlalu sering, menimbulkan efek ketagihan, bisa mengakibatkan kelumpuhan dan hilang ingatan, ” ujar Dr.Jayadi. Maknanya, makin sering mengkomsumsi, dosisnya makin tinggi.

Kasus hilang ingatan dan kelumpuhan yang diderita Ahmad Yusuf (25) warga Dusun Bagusari RT 2/ RW 12 Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang, sempat meramaikan media pada Maret 2009, bisa dijadikan acuan.

Awalnya pasien mengkomsumsi pil koplo sepuluh butir per hari. Lama kelamaan, ketagihan sampai 50 butir perhari. Efeknya, sebelum lumpuh dan hilang ingatan, karakter ABG itu emosial dan cenderung egois. Yusuf diketahui menderita lumpuh dan hilang ingatan setelah setahun mengkomsumsi pil koplo.
Tinggalkan komentar anda tentang Pil Koplo Picu Kelumpuhan dan Hilang Ingatan !

0 comments:

Post a Comment