10 Jari Bisa Hilang Gara-gara Merokok ( Nyata ! )


Informasi terbaru 10 Jari Bisa Hilang Gara-gara Merokok ( Nyata ! )

Kecanduan rokok tidak hanya menyebabkan stroke atau serangan jantung. Tapi juga bisa menyebabkan penyakit buergers disease yang bisa mengakibatkan hilangnya 10 jari tangan atau kaki.

Inilah yang dialami Subairi, 38 tahun, warga Desa Durbuk, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Gara-gara kencanduan rokok hingga menghabiskan 40 batang rokok lintingan perhari, sepuluh jari tangan dan tiga jari kakinya terputus akibat menderita penyakit buergers. "Saya sudah berhenti merokok, takut jari kaki putus semua," katanya.

Sebelum jemarinya putus. Subairi mengaku lima tahun lalu, ia terserang panas tinggi. Kemudian pada ujung jarinya muncul bintik merah hitam seperti darah beku yang juga terasa panas saat terkena air. Subairi lantas memeriksakan diri ke paranormal dan dokter, namun hasil nihil. Penyakitnya itu dianggap tidak berbahaya.

Percaya pada dokter, Subairi tidak lagi memeriksakan penyakitnya itu. Lambat laun bukannya membaik, bercak luka diujung jarinya justru bertambah hingga seluruh jemarinya dan kemudian membusuk. Ujung jarinya langsung terputus sendiri. Ia mengaku hingga kini mengalami susah tidur dan seluruh badannya terasa panas. "Saya langsung berhenti merokok, takut bukan hanya jari, nanti tangan dan kaki saya digerogoti," ungkapnya.

Dokter Iri Agus Subaidi dari Rumah Sakit Umum Pamekasan usai memeriksa Subairi memastikan penyakit yang dideritanya adalah buergers dan bukan diabetes atau kencing manis hingga membuat jemarinya terputus. Penyakit beurgers yang diterkandung pada rokok menyebabkan penyumbatan pembulu darah pada tangan dan kaki hingga aliran darah terganggu. "Sebagian besar penderita beurgers adalah perokok berat," tuturnya.

Gejala penyakit ini, kata dia, diawali muculnya rasa ngilu pada tungkai kaki dan lengan sehingga saat disentuh akan mengeras. Lama kelamaan pembuluh darah yang terkena akan mengecil dan rasa sakit akan hilang dengan sendirinya.

"Inilah yang menyebabkan munculnya bintik hitam darah beku tanpa sebab karena jaringan pembuluh sudah mati" terangnya.

Jika serangan beurgers sudah parah, kata Iri, amputasi adalah jalan terakhir untuk menyelamatkan penderita dari penyakit tersebut.

Sumber - Tempointeraktif
Tinggalkan komentar anda tentang 10 Jari Bisa Hilang Gara-gara Merokok ( Nyata ! )

0 comments:

Post a Comment